my photo

my photo

Sondag, 05 Mei 2013

SBK kelas 6/1 MOTIF BATIK,TEKNIK MEMBATIK,JENIS MOTIF BATIK


MATERI PELAJARAN SBK DI SD
MATERI PELAJARAN SBK KELAS 6 SD

SEMESTER 1
BAB 1
MOTIF BATIK
pelajaran-sbk.blogspot.com dalam materi pelajaran sbk di SD kali ini akan belajar mengenai motif batik pada materi pelajaran sbk kelas 6 SD. mari kita belajar bersama. Ok...!!!

MOTIF BATIK JAMBI
Keunikan motif batik jambi terletak pada motif yang nonfiguratif atau tak menggambarkan objek tumbuhan dan tulisan. Motif batik jambi disebut motif basurek, artinya bersurat atau bertulis. Motif tersebut dinamakan besurek karena berupa kaligrafi arab. Biasanya yang ditulis yaitu penggalan surat dari kitab suci Al-Qur’an.


MOTIF BATIK SUKU ASMAT
Motif batik suku asmat keunikannya terletak pada motif yang dekoratif dan mengambil unsur budaya daerah setempat. Motif batik tersebut sama dengan motif-motif pada ukiran kayu, misalnya motif roh leluhur.

MOTIF BATIK SIDOMULYO.
Motif batik sidomulyo memiliki arti. Sido berati jadi atau terus menerus dan mulyo berarti hidup mulia, luhur, baik atau berkecukupan. Motif batik sidomulyo sering digunakan pada sepasang mempelai pada upacara perkawinan adat di solo atau surakarta. ( motif batik yang sering dipakai dalam upacara perkawinan antara lain : motif batik sidomukti,motif batik sidoluhur, dan motif batik sidoasih). Kandungan makna motif batik sidomulyoadalah harapan yang baik untuk kedua mempelai, yaitu agar setelah menikah keduannya dapat hidup berkecukupan.

MOTIF BATIK MADURA
Motif batik madura termasuk dalam kelompok batik pesisir, sehingga coraknya didominasi motif-motif naturalis bertema flora dan fauna dengan warna-warna terang dan kuat. Ciri khusus yang lain yaitu pola besar-besar dengan hiasan pengisi yang agak kasar.

KAIN SASIRANGAN
Jenis kain sasirangan merupakan kain khas daerah banjarmasin yang pembuatannya mirip dengan kain jumputan dari jawa tengah. Kain sasirangan ada yang bermotif batik ombak sinapur karang. Pada masa lampau motif batik ombak sinapur karang termasuk jenis motif yang diperuntukan bagi kaum bangsawan yaitu bintang bahambur dan awan bairing.  Lain halnya kain sasirangan, kain sasirangan tersebut bermotif naga balimbur.Motif batik naga balimbur yang dibuat pada kain berwarna kuning dipercaya memiliki daya kesaktian, yaitu dapat digunakan untuk mencari anak yang hilang.

TEKNIK MEMBATIK

pada kesempatan kali ini pelajaran-sbk.blogspot.com akan membahas materi pelajaran sbk di SD khususnya mengenai materi pelajaran sbk kelas 6 SD. mengenai Teknik MembatikMembatik diartikan sebagai proses pembuatan motif atau ragam hias pada kain dengan perintangan. Adapun ciri khas batik ialah penggambaran motif dalam bentuk negatif atau klise. Motif dalam bentuk klise dapat diciptakan dalam berbagai cara. Cara-cara tersebut sebagai berikut :


1.       Merintangi sebagian pola dengan alat canting tradisional (canting tulis)
2.       Merintangi sebagian pola dengan alat canting cap
3.       Merintangi dengan pengikatan (teknik celup ikat)
Bagimana semua teknik membatik tersebut dapat menghasilkan motif dalam bentuk negatif atau klise?


Sebagian motif membatik atau pola batik pada kain diikat atau ditutup dengan lilin, baik dengan canting tradisional atau canting cap. Kemudian, kain dicelupkan ke dalam larutan pewarna. Bagian kain yang diikat atau ditutup lilin tidak akan terkena bahan pewarna. Setelah proses penghilangan lilin atau ikatan kain dibuka, bagian tersebut tetap berwarna putih atau berwarna seperti sebelum proses pencelupan. Motif membatik inilah yang disebut motif dalam bentuk negatif atau klise.

Macam-macam teknik membatik :

TEKNIK MEMBATIK CANTING TULIS
Teknik canting tulis adalah teknik membatik dengan menggunakan alat yang disebutcanting (jawa). Canting terbuat dari tembaga ringan dan berbentuk seperti teko kecil dengan corong di ujungnya. Canting berfungsi untuk menorehkan cairan malam pada sebagian pola. Saat kain dimasukan ke dalam larutan pewarna, bagian yang tertutup malam tidak terkena warna. Membatik dengan canting tulis disebut teknik membatik tradisional.
Jenis-jenis canting :
·         Canting reng-rengan
·         Cantong loron
·         Canting telon
·         Canting isen-isen

TEKNIK MEMBATIK CELUP IKAT
Teknik Membatik celup ikat merupakan pembuatan motif pada kain dengan cara mengikat sebagian kain, kemudian dicelupkan dalam larutan pewarna. Setelah diangkat dari larutan pewarna dan ikatan dibuka bagian yang diikat tidak terkena warna.

TEKNIK MEMBATIK PRINTING
Teknik membatik printing atau cap merupakan cara pembuatan motif batik menggunakan canting capCanting cap merupakan kepingan logam atau pelat berisi gambar yang agak menonjol permukaan canting cap yang menonjol dicelupkan dalam cairan malam (lilin batik). Selanjutnya, canting cap dicapkan pada kain lkise. Canting capmembuat proses pengalaman lebih cepat. Oleh karena itu, teknik printing dapat menghasilkan kain batik yang lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat.

TEKNIK MEMBATIK COLET
Motif batik juga dapat dibuat dengan teknik membatik colet. Motif yang dihasilkan dengan teknik ini tidak berupa klise. Teknik colet biasa disebut juga dengan teknik membatik lukis, merupakan cara mewarnai pola batik dengan cara mengoleskan cat atau pewarna kain jenis tertentu pada pola batik dengan alat khusus atau kuas.

JENIS MOTIF BATIK

materi pelajaran sbk di SD yang mengenai jenis motif batik akan kita pelajari di artikel ini. Batik tentu bukan hal yang asing lagi bagi kita. Banyak baju, selimut, seprai, taplak meja, tas, dan ikat kepala yang menggunakan motif batik. Bahkan, saat ini penggunaanmotif batik tidak hanya terbatas pada kain. Motif batik juga banyak digunakan untuk benda-benda kerajinan dari bahan kayu, perak, dan kertas. Mari kita belajar mengenalJenis Motif batik pada Materi Pelajaran SBK Kelas 6 di SD.
Berdasarkan akar budayanya, motif batik dikelompokan menjadi sebagai berikut.



MOTIF BATIK YANG BERAKAR PADA BUDAYA KERATON JAWA
Motif batik ini dikenal dengan istilah batik solo – yogyakarta atau batik klasik. Batik klasik mengandung banyak simbol. Selain itu ada pembatasan dalam corak dan penggunaannya. Ada jenis motif batik yang hanya boleh dikenakan oleh raja. Misalnya kain dengan motif parang rusak barong dan parang. Dan ada jenis motif batik truntun yang digunakan oleh orang tua pengantin saat upacara perkawinan.
                     
MOTIF BATIK BEBAS ATAU MANDIRI
Motif bebas berkembang di luar aturan atau tradisi keraton. Tidak ada ketentuan khusus dalam pembuatan motif dalam pemilihan warna. Oleh karena itu, corak atau warna batik jenis ini sangat bervariasi. Batik motif bebas banyak dibuat di daerah pesisir utara jawa dan daerah pembatikan lainnya diluar pulau jawa, misalnya kalimantan, sulawesi, madura, dan papua.